RE-A map of life :)

Minggu, 18 Maret 2012

TEORI EKONOMI JOHN MAYNARD KEYNES


TEORI EKONOMI JOHN MAYNARD KEYNES

Teori Keynes yang dipaparkan oleh John Mayard Keynes dalam bukunya yang berjudul “General Theory” adalah merupakan penolakan total terhadap teori-teori klasik yang telah berkembang sebelum Keynes.
5 ide pokok teori Keynes.
J  Sifat Umum Teori Keynes.
Teori Keynes ditujukan untuk semua tingkat employment, sedangkan teori klasik hanya berlaku dalam satu tingkat employment, yaitu full employment.Para ahli ekonomi klasik berpendapat bahwa sistem perekonomian yang didasarkan pada kebesan individu senantiasa akan tendensi kearah full employment  atau normal menutur Klassik. Sedangkan kurang dari full employment adalah normal menurut Keynes.
teori klasik bersifat khusus dan keseinbangannya statis, sedangkan Keynes bersifat umum atau general dan keseinbangannya berubah-ubah (shifting equilibrium)
Dalam teorinya Keynes berpendapat bahwa permasalahan full employment dan unemployment, inflasi dan pengangguran adalah sebenarnya merupakan permasalahan permintaan efektif. Kurangnya permintaan efektif akan menimbulkan pengangguran dan sebaliknya permintaan efektif yang berlebihan akan menimbulkan inflasi.
Teori Keynes bertujuan untuk menjelaskan perubahan-perubahan out put dalam suatu sistem perekonomian dalan suatu keseluruhan.
J  Peranan Uang
Uang mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai alat penukar umum, alat satuan hitung, alat untuk menghimpun kekayaan, sebagai tabungan.
J  Hubungan Anatara Tingkat Bunga dengan Uang
Bunga adalah suatu premi karena seseorang tidak menimbun uang. Sedangkan bunga dalam Klassik merupakan sejumlah balas jasa karena menabung atau karena penundaan konsumsi.
J  Peranan Investasi
Bagi Keynes investasi mempunyai peranan penting yaitu sebagai determinan employment dan pendapatan. Kesempatan kerja bagi masyarakat sangat bergantung pada investasi yang dilakukan masyarakat itu sendiri.
J  Ketidak pastian masa yang akan datang.
Pelaksanaan investasi sebagai seuati determinan penting untuk employment dan pendapatan adalah berdasarkan dugaan-dugaan, perkiraan-perkiraan, atau ramalan-ramalan yang penuh dengan ketidakpastian. Dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi, hampir tidak mempunyai kepercayaan atas penilaian sendiri. Mereka mengikuti gerak-gerik dan pendapat dari pengusaha yang merefleksikan pasar. Apabila kepercayaan positif tentang asa depan, maka investasi akan meningkat. Sebalikanya apabila kepercayaan pesimis maka investasi akan berkuang.

Azas Permintaan efektif
Azas permintaan efektif adalah permintaan yang berdaya beli merupakan titika tolak dari Keynes yang bersifat umum tentang employment. Keynes memang menekankan teorib=nya dari sisi permintaan, yang pengukuran besar atau kecilnya permintaan atau penawaran diukur dengan banyak sedikitnya tenaga kerja yang dipekerjakan dalam masyarakat.

Sistem Keynes dalam Politik ekonomi
Pendekatan ekonomi Keynes didasarkan pada berlakunya sistem harga dan efisiensi usaha ekonomi swasta. Kemakmuran ditentukan oleh tingkat pendapatan suatu negara dan masalah lain seperti deflasi, inflasi, perpajakan, neraca pembayaran internasional berpusat pada pendapatan negara (teori makro ekonomi). Keynes berpendapat bahawa intevensi pemerintah itu diperlukan untuk mencapai kemakmuran dan mempertahankan kondisi-kondisi tertentu dalam perekonomian.

Ciri Umum Sifat Keynesian
J  Bersifat makro ekonomi
Teori ekonomi yang bersifat makro terlihat jelas pada variable yang dipergunakan yang bersifat keselurukan seoerti konsumsi total, investasi dan tabungan total, dll.
Harga permintaan total adalah sejumlah penerimaan uang yang digarapkan dari penjualan hasil produksi yang dapat dihasilkan oleh sejumlah tenaga kerja dari suatu masyarakat. SEdangkan penawaran total adalah jumlah seluruh penawaran atas seluruh hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh hasil produksi.
J  Ekonomi Moneter
Besarnya variable oleh Keynes harus dinyatakan dengan uang. Uang dan jumlah uang menrupakan alat penting bagi bank sentral untuk melakukan aktifitasnya menuju puncak kegiatan ekonomi full employment serta memalului aktifitas tersebutlah permintaan efektif dapat diperbesar.
J  Ekonomi Arus Lingkaran / Circular flow
Dalam sistem ini pemerintah berfungsi untuk mengusahakan pengeluaran pendapatan masyarakat sama dengan besarnya pendapatan masayarakat tersebut. Serta mengusahakan agar pengeluaran atas pendapatan tersebut menjadi cukup besar sehingga dapat mencapai full employment

Komentar terhadap teori Keynes.
J  Analisis Keynes terpusat pada tujuan tercapainya tingkat kegiatan ekonomi full employment.
J  Analisis Keynes itu merupakan jalur pemikiran atau skema. Secara sederhana, maka sekema tersebut adalah pendapatan = pengeluaran = nilai out-put = harga-harga yang dibayarkan.
J  Besarnya pendapatan itu dapat tersalur menjadi pengluaran komunikasi dan pengeluaran investasi.
J  Investasi adalah deretminan pendapatan.
J  Tabungan oleh Keynes diartikan sebagai suatu hal yang negatif, yaitu tidak mengkonsumsikan (mengeluarkan) pendapatan waktu sekarang.
J  Sumbangan Keynes dalam perkembangan ilmu ekonomi adalah jelas sekali, terlihat dalam pengaruhnya yang demikian luasnya.

Kritik terhadap teori Keynes
J  Teorinya bersifat statis, karena tidak memperhatikan faktor waktu .
J  Macam-macam kecenderungan (propensities) sebenarnya merupakan konsepsi-konsepsi lama, pengertian-pengertian itu bukan pengertian baru.
J  Terlampau menyangkal adanya hubungan upah dengan tenaga kerja.
J  Rendahnya tingkat suku bunga tidak selamanya dapat diharapkan sebagai faktor stimulasi untuk investasi dan employment.
J  Prefensi likuiditas tidak cukup penuh sebagai suatu teori suku bunga.
J  Varriabel-variabel yang diandalkan olah Keynes adalah bersifat interdependen, sehingga mempersulit untuk diambil kesimpulan-kesimpulan umum.
J  Idealismenya sangat ekstriem.

Arti dari teori ekonomi Jhon maynerd kaynes
J  Keynes telah menciptakan metode daru dalam mempelajari dan menganalisa kehidupan perekonomian, terutama tentang masalah pendapatan nasional, yaitu metode  C+I= Y yang ternyata banyak kegunaannya untuk memecahkan masalah ekonomi baru.
Masalah ekonomi masih merupakan masalah yang gelap bagi teori ekonomi lama/klassik.
Disamping itu banyak juga pandangan-pandangan baru dalam bidang ekonomi, yang banyak diketemukan dengan kunci C+I terrsebut.
J  Ekonomi baru yang menggunakan dasar analisis (circular flow of economic) maka peranan C+I atas pendapatan nasional menjadi semakin besar dan mantap. Manurut teori modern Keynes, kehidupan perekonomian sangat dipengaruhi oleh C+I dapat menimbulkan depresi, inflasi, maupun ketidaksetabilan. Bahaya-bahaya yang selalu mengancam dan manggoncangkan kestabilan ekonomi, dan kemidian daya untuk melunakan atau menghilangkan kegoncangan perekonomian, telah lebih dapat banyak diketahui setelah dikembangkannya konsep C+I tersebut daripada sebelumnya.
J  Teori ekonomi baru John Maynerd Keynes sampai seberapa jauh dapat dipergunakan untuk manantukan krbijaksanaan guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang stabil, dalam tingkat yang tinggi (planning, dan economy policy)

2 komentar: